0
AMSI30 Off Side Mang…by Taufanon.AMSI30 Off Side Mang…Cukup mengejutkan dan menjadi tanda tanya yang memancing rasa penasaran saya pada saat di TeleGroup Syariah Saham ada yang share banner tentang IndeksAMSI30. Apakah Indeks AMSI30 itu…? Indeks AMSI30 menurut sumbernya : AMSI30 singkatan dari Amanah Midcaps Syariah Index 30 yang merupakan index terhadap saham saham 30 berbasis syariah yang masuk dalam ISSI dengan market […]

Cukup mengejutkan dan menjadi tanda tanya yang memancing rasa penasaran saya pada saat di TeleGroup Syariah Saham ada yang share banner tentang IndeksAMSI30. Apakah Indeks AMSI30 itu…?

Indeks AMSI30 menurut sumbernya :

AMSI30 singkatan dari Amanah Midcaps Syariah Index 30 yang merupakan index terhadap saham saham 30 berbasis syariah yang masuk dalam ISSI dengan market capitalization antara Rp 5 Trilyun sampai dengan Rp 40 Trilyun. Adapun kriteria penetuan komponen Indeks AMSI30 yang diinisiasi dan disusun oleh Team SYARIAH SAHAM dan TEMAN TRADER adalah:

  1. Masuk dalam daftar ISSI (Juni 2017 – November 2017)
  2. Memiliki market caps antara Rp 5 Trilyun – Rp 40 Trilyun
  3. Telah listing sekurang kurangnya 6 bulan di IDX
  4. Memiliki laba atau tidak dalam kondisi rugi
  5. Memiliki pertumbuhan net income
  6. Liquid diperdagangkan

Index AMSI30 bisa menjadi pelengkap untuk investor dan trader saham syariah yang membutuhkan alternatif saham pilihan.

 

Lalu…apa yang salah ?

Jelas tidak ada yang salah dan sah-sah saja dengan diperkenalkannya indeks alternatif ini, namun bagi saya ada sesuatu yang tidak tepat..terlebih setelah memperhatikan diskusi/share berberapa hari kemudian setelah AMSI30 diperkenalkan.


Dalam TeleGroup Syariah Saham saya bukanlah siapa-siapa, bahkan jika ada polling tentang Silent Reader tentu saya akan “klik” tombol VOTE. Syariah Saham bagi saya adalah sebagai rujukan dan tempat untuk menimba pengetahuan tentang dunia pasar modal yang baru saya kenal di penghujung tahun 2016.

Salah satu hal mendasar yang saya tangkap dari Syariah Saham adalah semangat untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan seluk beluk Pasar Modal. Terfokus pada segmen Saham berkategori Syariah (ISSI & JII) sebagaimana termuat dalam DES yang dirilis oleh OJK. Komunitas Syariah Saham selalu konsisten dengan filosofi “Beri kail..JANGAN beri ikan”. Itulah kenapa di Syariah Saham menjadikan tabu/larangan adanya StockPicks, Rekomendasi, Pom-Pom, dll.

Itulah kenapa setelah mencermati sharing tentang AMSI30 beberapa hari seteleh pengenalannya saya merasa ada sesuatu yang tidak pas. Setiap hari akan diposting ikhtisar/performance review AMSI30 yang memuat TOP GAINER, TOP LOSSER, TOP VOLUME, dan TOP PICK.

Top Pick AMSI30 AMSI30

 

Nah…keberadaan Top Pick ini yang saya lihat sebagai posisi off-side bagi AMSI30 karena sudah jelas sebagai suatu StockPicks/Rekomendasi, sesuatu yang tabu selama ini. Karena kalau dicermati, dalam Screener EMAS yang memang orisinal dari Team Syariah Saham sama sekali tidak ada yang namanya Rekomendasi Saham, buy di poin sekian..target di area sekian..cutloss di area sekian. Apakah ini berarti Syariah Saham sudah berubah menjadi Etalase bagi Teman Trader..?

Selain itu dengan pemilihan akronim AMSI sendiri menurut saya menimbulkan kerancuan, karena jika menyebutkan kata AMSI dalam lingkup saham…secara refleks akan tertuju ke sosok founder Syariah Saham (Asep Muhammad Saipul Islam) sehingga dikhawatirkan akan timbul salah persepsi yang mengartikan jika Top Pick AMSI30 merupakan rekomendasi saham dari “Mang AMSI”.


Sebagai penutup, Saya secara pribadi mohon maaf sebesar-besarnya kepada Founder/Co-Founder Syariah Saham dan Teman Trader. Sebagai pemula..yang masih menimba ilmu dari para Senior, Master, Suhu, tentunya saya tidak ada kapasitas dan kapabilitas untuk kontra dengan inisiasi Indeks AMSI30 bahkan saya sangat meng-apresiasi, disini saya hanya merasa tidak “sreg” dengan adanya Top Pick dalam Ikhtisar AMSI30.

 

Taufan

Author: 

Related Posts