0
Pengalaman Mengikuti RUPS-LB Waskita Beton Precast Tbkby Taufanon.Pengalaman Mengikuti RUPS-LB Waskita Beton Precast TbkSetelah beberapa kali melewatkan kesempatan untuk mengikuti RUPS dari emiten yang sahamnya ada dalam portfolio, akhirnya saya mantap untuk mengikuti RUPS Luar Biasa dari Emiten: Waskita Beton Precast Tbk (WSBP). RUPST sebelumnya terlewat karena jadwal sering bentrok dengan jadwal shift kerja. Setelah informasi terkait hari, jam, dan lokasi RUPS didapat dan dipastikan bisa hadir, maka […]

RUPS Waskita Beton 2017

Setelah beberapa kali melewatkan kesempatan untuk mengikuti RUPS dari emiten yang sahamnya ada dalam portfolio, akhirnya saya mantap untuk mengikuti RUPS Luar Biasa dari Emiten: Waskita Beton Precast Tbk (WSBP).

RUPST sebelumnya terlewat karena jadwal sering bentrok dengan jadwal shift kerja. Setelah informasi terkait hari, jam, dan lokasi RUPS didapat dan dipastikan bisa hadir, maka saya segera mempersiapkan segala yg diperlukan seperti copy ID/KTP/SIM dan menghubungi CS Sekuritas untuk meminta penerbitan surat KTUR (Konfirmasi Tertulis Untuk Rapat Umum Pemegang Saham) yang saya ajukan setelah tanggal recording date (03 Juli 2017).

RUPS-LB WSBP kali ini diselenggarakan pada hari Rabu, 26 Juli 2017 – Pukul 10.00WIB – Bertempat di Ruang Serbaguna Gd. Waskita Lantai 11. Dengan agenda membahas :

  1. Rencana WSBP untuk melakukan pembelian kembali sebagian saham perseroan (Share BuyBack).
  2. Perubahan anggaran dasar perseroan.
  3. Perubahan susunan management perseroan.

Rabu pagi tanggal 26 Juli 2017 saya segera bersiap untuk menghadiri RUPS pertama saya 😀 Motor dipastikan dalam kondisi baik , Copy KTP, surat KTUR dan tidak ketinggalan dengan STNK dan SIM (menjaga agar rencana ikut RUPS tidak terganggu karena berurusan dengan Polantas).

Berangkat pukul 08:28WIB melewati kepadatan lalu-lintas Jakarta dengan sedikit merayap di ruas Grogol-Slipi, akhirnya sampai di tempat tujuan dengan selamat pukul 09:32WIB. Setelah memarkirkan kendaraan di sisi depan Gedung Waskita, karena informasi dari security parkiran di basement sudah penuh segera bergegas ke lobby gedung untuk melakukan registrasi.

Pluit-Cawang Waskita Beton

Karena sebelumnya sudah menyiapkan copy KTP maka proses registrasi menjadi lebih cepat dan menyalip antrian beberapa peserta RUPS lainnya, Staff yang melihat KTUR saya sudah beserta copy KTP mempersilakan untuk maju ke depan antrian registrasi karena tidak perlu menscan/copy KTP di lokasi.

Setelah terdaftar sebagai peserta RPUS, staff pendaftaran memberikan Kartu Peserta RPUS, Blanko Surat Suara serta salinan tata tertib dan materi RUPS. Berhubung sebelum berangkat tidak sempat sarapan, saya bergegas keluar sebentar untuk membeli sekedar pengganjal perut meskipun saat didalam nanti pasti ada snack/jamuan makan tapi jangan sampai saya pingsan sebelum acara 😀

Registrasi RUPS ID RUPS sarapan wsbp

Pukul 10:16WIB RUPS-LB Waskita Beton Precast Tbk dimulai dengan terlebih dahulu dijelaskan susunan mata acara rapat, Building Emergency Plan dari Gedung Waskita bila terjadi situasi darurat selama rapat, pembagian snack dan memperkenalkan jajaran BOD dan BOC yang hadir dalam RUPS (Board of Directors – Board of Committee).

Pukul 10:28WIB RUPS resmi dibuka dengan ketok palu oleh Komisaris Utama WSBP – Bpk. Tunggul Rajagukguk. RUPS dihadiri oleh 17.953.994.339 saham (68,1077%) sehingga dinyatakan telah memenuhi kuorum. Direktur Utama WSBP – Bpk. Jarot Subana memaparkan tentang kondisi dan rencana bisnis perseroan kemudian Direktur Keuangan WSBP – Bpk. M.C Budi Setyono memaparkan laporan keuangan dan dana buyback saham.

RUPSLB WSBP

surat suara rups snack rups

 

I. Mata acara pertama (persetujuan rencana buyback saham)

RUPS menyetujui rencana pembelian kembali saham perseroan sejumlah sebanyak-banyaknya 7% dari modal ditempatkan dan disetorkan penuh (1.845.281.027 lembar saham) yang akan diselesaikan dalam waktu 18 bulan (27 Juli 2017 s/d 27 Januari 2019) dengan dana yang dialokasikan sebesar maksimal Rp.1 Triliun yang mana dana tersebut berasal dari piutang WSBP dari WSKT sebesar Rp.1,4 Triliun yang dipercepat pembayarannya sehingga tidak akan mengganggu keuangan perseroan.

Buyback Saham WSBP

 

II. Mata acara kedua, persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan.

Perubahan Anggaran Dasar Perseroan yang dimaksud adalah perubahan Pasal 3 Ayat 3 berupa penambahan bidang usaha pendukung yaitu: Menjalankan pengelolaan limbah B3 berupa Fly Ash (abu batubara) yang akan digunakan sebagai bahan baku tambahan beton precast.

fly ash

 

III. Mata acara ketiga, persetujuan perubahan susuna pengurus perseroan.

RUPS menyetujui pemberhentian dengan hormat Komisaris Independen WSBP – Bpk. Deddy Jevry H Sitorus dan pengangkatan Komisaris Independen yang baru Bpk. Abdul Ghofarrozin.

komisaris baru wsbp

Setelah 1 jam berlangsung dan didapat keputusan dari peserta rapat, akhirnya RUPS dinyatakan selesai dan ditutup. Selesai RUPS peserta dipersilakan untuk mengambil jamuan makan siang dan Goody Bags yang sudah disediakan.

jamuan makan rups wsbp goody bags rups


Karena rencana selanjutnya akan mengikuti Public Expose yang diadakan pukul 14.00WIB ditempat yang sama, maka setelah berbincang dengan Mang AMSI, Mas Budi Akbar, Kang Anto dari Komunitas Telegram Syariah Saham dan satu lagi dari Inilah.com (lupa namanya) saya memilih turun ke basement gedung Waskita untuk Ishoma sambil menunggu waktu PubEx nanti.

View Waskita Basement-gedung-waskita

Karena lamanya waktu tunggu dari RUPS ke PubEx membuat jenuh dan tidak fokus saat PubEx dilaksanakan jam 14:00WIB.

Isi materi Public Expose tidak jauh berbeda dengan paparan kondisi dan rencana bisnis perseroan yang termuat dalam RUPS, sisi berbeda hanya dari sisi pesertanya yang terdiri sebagian peserta RUPS ditambah dengan beberapa awak media cetak, elektronik dan online.

PubEx Waskita Beton Public Expose WSBP

Setelah acara Public Expose dari Waskita Beton Precast Tbk selesai, pukul 15:25WIB saya segera bergegas pulang dan sampai dengan selamat. Meski lelah seharian…ini merupakan pengalaman baru dan tentunya meninggalkan kesan tersendiri.

Pulang RUPS  Pulang RUPS

 


Note :

  • Lift Gedung Waskita tersedia 2 unit namun berukuran kecil dan berhenti ditiap lantai, jadi antrian lumayan lama.
  • Toilet Gedung Waskita simple dan bersih.
  • Mushola di basement luas dan nyaman, saking nyamannya bikin betah dan ngantuk 😀 😛 .
  • Harus bawa battery cadangan/powerbank, ponsel saya lowbatt tapi keliling ruang rapat tidak ketemu adanya socket untuk charging.
Taufan

Author: 

Related Posts